PEMBERITAHUAN PELAKSANAAN SIDANG PROPOSAL SKRIPSI MAHASISWA SEMESTER 8,PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI INFORMATIKA SONY SUGEMA

Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Sekolah Tinggi Teknologi Informatika Sony Sugema

Nomor: Sk-K.0/Sttiss/Pp.03.01/Iv/2024 Tentang Pedoman Penyusunan Tugas Akhir

Sekolah Tinggi Teknologi Informatika Sony Sugema Tahun Akademik 2022-2023

Penulisan dan Ujian (seminar) Proposal Skripsi, serta Pembimbingan Skripsi

Program Studi Teknik Informatika

Sekolah Tinggi Teknologi Informatika Sony Sugema

 

Bagian akhir dari proses penyelesaian studi untuk mahasiswa strata 1 (S1) adalah menulis sebuah karya penelitian yang disebut dengan skripsi. Skripsi juga merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi mahasiswa untuk mendapatkan gelar akademik di jenjang Strata 1 (S1). Oleh sebab itu, skripsi sejatinya harus dikerjakan dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan standar ilmiah yang berlaku di dunia perguruan tinggi.

Agar penelitian skripsi tersebut terarah, mahasiswa diharuskan terlebih dahulu menuliskan proposal atau rencana penelitian. Proposal sesungguhnya adalah satu dokumen yang memuat satu rencana untuk satu penelitian. Proposal penelitian harus mencakup gambaran tentang kegiatan penelitian yang akan dilaksanakan. Oleh karena itu, proposal merupakan pedoman atau peta kegiatan penelitian yang akan diikuti oleh peneliti selama penelitian berlangsung.

Sebelum penelitian dimulai, maka terlebih dahulu proposal harus diuji (diseminarkan) untuk memastikan bahwa penelitian yang dilakukan tersebut benar-benar layak secara ilmiah dan dapat dilaksanakan. Setelah proposal diterima, maka selanjutnya akan ditentukan dosen pembimbing skripsi yang akan mendampingi dan memberikan arahan kepada mahasiswa selama proses penelitian dan penulisannya berlangsung.

Standard Operating Procedure (SOP) ini dimaksudkan untuk memberikan pedoman kepada mahasiswa dan pihak- pihak yang terkait lainnya dalam pelaksanaan penulisan dan ujian (seminar) proposal skripsi serta pembimbingan skripsi. Dengan demikian, diharapkan semua proses kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik.

 Wakil Ketua 1 Bidang Akademik
Abdul Halim, S.Kom., M.Kom